Tuesday 27 December 2016

Macam-macam games kelompok



GAMES KELOMPOK :


1.       MEMBENTUK KALIMAT
Game terdiri dari 5/6 orang . Tentukan siapa ketua kelompoknya. Suruh masing-masing kelompok berbaris, dimana susunannya adalah ketua kelompok berada dibelakang. Karena saya menganut paradigma dimana “pemimpin adalah pelayan” jadi ketua harus dibelakang. Pertegas sekali lagi bahwa susunan barisan sudah mantap. Jika sudah tanyakan kepada masing-masing anggota siapa yang akan memilih kata subjek, objek, predikat, dan keterangan (keterangan bisa banyak, waktu, tempat, penyerta, alat, dsb).  (sebelumnya jelaskan dulu apa itu subjek, objek, dsb…). Pasti nanti para anggota akan mencoba memilih kata yang mudah sehingga menjadikan susunannya tidak urut dimana ada yang berdiri paling depan mungkin memilih objek, baris kedua memilih keterangan, dst… kemudian masing-masing anggota disuruh menyebutkan kata yang menjadi pilihannya dengan awalan abjad yang sama. Kemudian ketua kelompok akan menggabungkan nya menjadi sebuah kalimat. Dan pastinya kalimatnya akan kacau, entah karena ketua lupa kata-kata yang tadi sudah disebutkan atau kata-kata tersebut tidak nyambung.
Contoh : susun kalimat dimana susunan awal kata nya adalah M : Mama Memasak Mie Menggunakan Mangkok Malam Minggu
Sedikit penjelasan tentang macam-macam keterangan :
Keterangan tempat = di rumah, di sekolah, di pasar, dan lain-lain.
Keterangan cara = dengan cepat, dengan serius, dengan bersemangat, dan lain-lain.
Keterangan tujuan = agar lulus ujian, untuk bertemu ibunya, supaya bersih, dan lain-lain.
Keterangan alat = menggunakan pisau, mengendara motor, menggunakan sekop, dan lain-lain.
Keterangan waktu = pada hari minggu, Jam 9 malam, pada musim kemarau dan lain-lain.
Keterangan penyerta = bersama ayahnya, dengan ibunya, ditemani kakaknya, dan lain-lain.

2.       TEBAK JUDUL LAGU
Masih sama terdiri dari 5/6 orang dalam satu kelompok. Setiap kelompok memikirkan lagu yang hapal tapi dengan pertimbangan kelompok lain mudah-mudahan tidak tahu judul lagunya. Kelompok yang ditunjuk duluan untuk membacakan lirik lagunya (tanpa nada) kalau bisa membacanya dibikin aneh-aneh jadi kelompok lain tidak bisa nemuin nadanya. Kelompok yang bisa menebak dengan benar dialah pemenangnya.

3.       MENYANYIKAN LAGU NASIONAL
Setiap kelompok memikirkan 2 lagu wajib nasional untuk diberikan kepada kelompok lain bernyanyi. Carilah lagu yang familiar tapi susah kata-katanya. Contoh : mengheningkan cipta, ibu kita kartini, garuda pancasila, dsb. Kelompok yang bisa menyanyikan dengan benar dialah pemenangnya.

4.       TEBAK KATA
Satu kelompok terdiri dari 5/6 orang. Ini seperti game kata berkait. Semua kelompok berbaris. Dimana masing-masing anggota akan mengambil satu kertas yang berisikan sebuah kata. Kemudian berikan clue kepada anggota sebelahnya agar bisa menjawab sebuah kata yang dia pegang. Lakukan seperti itu kepada anggota sebelahnya lagi sampai semua anggota bisa menjawab kata yang ada pada kertas teman sebelahnya. Semakin cepat kelompok menyelesaikan tugas ini, maka dia pemenangnya.

5.       MENGENAL ANGGOTANYA
Masing-masing anggota menyebutkan nama panggilan yang diinginkan, bisa nama super hero, nama panggilan, nama julukan, dsb. Kemudian baris pertama sampai akhir menyebutkan satu persatu nama semua anggota, dilanjutkan baris ke dua dan seterusnya. Kelompok yang tidak salah menyebutkan nama anggotanya dialah pemenangnnya.

No comments: